4 Langkah Klaim Asuransi Saat Mobil Ringsek

Semakin banyak orang memilih asuransi untuk melindungi mobil mereka. Langkah klaim asuransi juga harus Anda pahami agar mudah saat memprosesnya. Sehingga manfaat dari memiliki asuransi bisa Anda rasakan.

Langkah Klaim Asuransi Mobil

Anda bisa membebaskan diri dari biaya ekstra saat terjadi kerusakan pada mobil. Sebab, pihak perusahaan asuransi yang akan mengeluarkan biaya perbaikan untuk mobil Anda. Simak langkah klaim asuransi saat mobil Anda ringsek karena kecelakaan berikut ini:

Hubungi Pihak Asuransi

Setelah terjadi kecelakaan, Anda bisa langsung melaporkan kehilangan maupun kecelakaan tersebut ke cabang asuransi terdekat. Untuk menghemat waktu, Anda bisa menerapkan sistem laporan online.

Laporan ini merupakan langkah penting karena semakin cepat, maka semakin mudah untuk pengajuan klaimnya. Pastikan Anda segera melapor maksimal 3 hari setelah kejadian.

Menyiapkan Bukti

Langkah selanjutnya, Anda bisa mempersiapkan bukti-bukti yang mendukung kerusakan atau kehilangan mobil. Jika ada kerusakan mobil, maka bukti bisa Anda sampaikan berupa foto dari panel bodi yang rusak.

Sementara jika Anda mengalami kehilangan mobil, Anda bisa menyiapkan bukti rekaman CCTV. Bukti tersebut bisa mendukung kejadian kehilangan tersebut.

Menjelaskan Kronologi

Penjelasan mengenai runtutan peristiwa kehilangan maupun kerusakan. Keterangan yang konsisten ditambah dengan bukti foto maupun rekaman CCTV akan cukup menjadi alat bukti.

Sehingga Anda akan memudahkan proses pengajuan klaim asuransi. Jawablah pertanyaan dengan tepat dan penjelasan yang jelas dan mudah dimengerti.

Lengkapi Persyaratan Klaim

Proses atau langkah terakhir untuk melakukan klaim asuransi adalah dengan menyiapkan dokumen kendaraan. Siapkan STNK dan SIM dan polis asuransi yang masih berlaku.

Jika kelengkapan surat tersebut telah mati, maka kemungkinan besar klaim asuransi Anda akan mengalami penolakan.

Ada banyak pilihan polis asuransi yang bisa memberikan manfaat secara menyeluruh seperti asuransi mobil all risk. Perhatikan juga perjanjian yang ada di dalam polis mengenai persyaratan tambahan dalam klaim asuransi. Hal ini akan membantu mempercepat proses diterimanya klaim.

Sekarang sudah banyak langkah klaim asuransi yang dirancang lebih mudah menggunakan sistem online. Sehingga akan memudahkan kedua belah pihak dan proses klaim yang cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *